Kolom Pencarian Menu Utama

Kala musim hujan tiba, hadir berbagai masalah yang menghantui pengguna kendaraan roda dua. Untuk pemakai motor, hujan yang menimbulkan banjir pasti perlu kewaspadaan diri ketika mengunakan motor. Ketika melewati banjir atau sekedar membawa motor hujan-hujanan ternyata bisa membuat motor mogok.

Mengatasi Motor Mogok Akibat Kehujanan

Sebagian komponen mesin dan kelistrikan pada motor biasanya sih banyak yang terbuka di banding mobil. Olehkarena itu kita perlu mengetahui bagian mana saja yang mudah kemasukan air dan bisa menyebabkan kerusakan.

Kemudian apa saja yang bisa kit lakukan untuk mengatasinya, berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan ketika motor agan mogok setelah kehujanan :

— advertisement —

1. Cop serta kabel busi
Tempat penyimpanan busi pada mesin ini biasanya ada pada titik yang rendah, pada bagian samping blok mesin. Lokasi yang mudah terkena cipratan air ketika motor dibawa melewati genangan air, apalagi genangan banjir. Akibatnya karet penutup busi mudah aus.
Secara logika, apa pun yang bersuhu panas lalu terkena air secara kimiawi akan bereaksi hingga ikatan molekulnya terurai. Pada kasus ini bila terjadi pada plastik atau karet, komponen yang terbuat dari bahan tersebut bisa retak bahkan juga pecah.

Apabila pecah, cipratan air dapat masuk kedalam busi. Apabila perangkat itu basah, jadi motor juga akan mogok. Demikian juga dengan kabel busi yang riskan terserang air.
Oleh karenanya, cobalah cek tutup , kabel, dan busi apakah dalam keadaan sempurna yang baik sepanjang musim hujan

2. Air masuk ke knalpot
Bagian lain yang bisa saja kemasukkan air karena genangan air yang tinggi adalah Knalpot. Untuk mengatasi hal ini agan bisa mengeluarkan air didalam knalpot dengan menggunakan stanr tengah, kemudian ganjal sntarnya dengan kayu agar posisi belakang motor lebih rendah dibandingkan roda depan. Dengan cara ini air bisa keluar dengan mudah. Jangan lupa tambahkan oli, agar knalpot terhindar dari korosi.

— advertisement —

3. Air masuk ke dalam karburator
Air banjir juga bisa saja masuk kedalam karburator, tanpa melakukan pembongkaran agan juga bisa mencoba mengetahui kondisi karburator mesin. Lakukan dengan cara menutup kran saluran bensin dari tangki ke karburator, kemudian putar baut pembuangan berlawanan arah jarum jam. Setelah bensin keluar, buka kembali salurannya dan putar balik baut hingga maksimal.

4. Panaskan Mesin
Mesin yang dingin juga bisa menyebabkan motor sulit untuk dinyalakan. Untuk mengatasi masalah ini agan bisa mencoba melakukan kick starter, kemudian memanaskan mesinnya, agar mesin tidak mudah mati,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *