Kolom Pencarian Menu Utama

Apakah Anda sedang kehilangan motor saat ini? Sebaiknya Anda jangan terlalu khawatir karena ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini. Seperti yang diketahui, motor merupakan aset yang sangat berharga dalam kehidupan. Karena selain harganya cukup mahal, fungsinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Tentu, orang akan kebingungan jika kehilangan barang ini.

Cara-Mencari-Motor-yang-Hilang

Tidak sedikit orang merasa frustrasi ketika kehilangan motor, terlebih jika motor itu masih dalam masa kredit. Tentu, masalah Anda akan semakin bertambah. Padahal, sudah memeriksa CCTV di tempat di mana motor Anda hilang, tetapi Anda belum juga menemukannya. Nah, untuk mengatasi masalah ini, ikuti Tips Cara Mencari Motor yang Hilang di bawah ini. Semoga dengan mengikutinya, motor Anda bisa segera ditemukan.

Beberapa Tips Mencari atau Melacak Motor yang Hilang

Langsung Melaporkan ke Pihak  Berwajib

— advertisement —

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melaporkan masalah kehilangan motor Anda ke pihak yang berwajib. Polisi akan sangat membantu Anda yang kebingungan mencari motor yang hilang. Dengan menyetorkan berkas yang dibutuhkan, polisi akan secara langsung menangani masalah Anda dengan cara intelligent, mulai dari melihat rekaman lalu lintas hingga menanyai warga sekitar.

Namun, perlu Anda perhatikan, jika motor Anda masih dalam masa kredit, sebaiknya Anda jangan langsung melaporkannya ke polisi. Mengapa demikian? Jika motor masih belum lunas dan tiba-tiba hilang, sebaiknya pihak yang pertama kali Anda temui adalah pihak leasing. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses pencairan dari klaim asuransi.

Baca Juga :

— advertisement —

Jika Anda langsung melaporkannya ke pihak polisi, kunci motor dan STNK akan secara otomatis disita oleh pihak kepolisian untuk dijadikan bukti padahal kedua barang itu dibutuhkan untuk pengajuan klaim asuransi.

Menginfokan Berita Kehilangan Motor

Selanjutnya, jangan hanya pasrah setelah melaporkan masalah Anda ke pihak kepolisian. Anda juga perlu melakukan berbagai upaya untuk melacak di mana motor Anda berada. Nah, salah satu cara yang dapat Anda ambil adalah menyebarkan informasi seluas-luasnya. Anda bisa menggunakan sosial media yang Anda miliki, baik WhatsApp, Facebook, hingga Twitter.

Dengan menginformasikan berita kehilangan motor, banyak orang akan tahu dan turut membantu Anda menemukan motor Anda. Dalam menginfokannya, jangan lupa untuk meminta tolong kepada semua orang untuk membagikan berita tersebut agar semakin banyak orang tahu, semakin banyak pula orang yang turut membantu Anda. Intinya, manfaatkan teknologi sebaik mungkin!

— advertisement —

Memanfaatkan Smartphone

Sekarang ini, zamannya sudah sangat canggih sehingga banyak orang dimudahkan dengan penggunaan teknologi yang membantu kehidupan mereka, salah satunya membantu dalam menemukan motor yang hilang. Dengan teknologi canggih, Anda bisa menggunakan smartphone untuk melacak di mana lokasi motor Anda berada.

Cara melacak motor yang hilang sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mengunduh aplikasi pelacak motor hilang. Selanjutnya, Anda dapat mencantumkan spesifikasi kendaraan Anda, nomor plat, dan nomor kerangka hingga mesin yang nantinya akan dicocokkan dengan data dari catatan kepolisian.

Tidak hanya dapat melacak lokasinya saja, beberapa aplikasi bahkan ada yang memiliki fitur yang dapat mematikan mesin dari kejauhan, sehingga orang yang mengambil motor tersebut tidak akan bisa menghidupkan mesinnya. Cara ini tentu bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk membantu pihak kepolisian melacak motor Anda.

Menggunakan Website Pelacak

Selain smartphone, Anda juga bisa menggunakan website untuk melacak keberadaan motor Anda. Namun, pelacakan ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah memasangkan GPS tracker pada motor Anda. Dari website pelacak, Anda akan memperoleh informasi terkait lokasi motor Anda. Anda bahkan juga bisa mematikan mesin dari kejauhan.

Dari sini, Anda tentu tahu bahwa pemasangan GPS itu juga sangat diperlukan agar nantinya jika motor Anda sewaktu-waktu hilang, Anda bisa menemukannya dengan mudah dengan mengandalkan GPS motor.

Ikuti Tips Cara Mencari Motor yang Hilang

Menggunakan Kunci Setang ke Arah Kanan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar motor Anda tidak hilang adalah dengan memakai kunci setang ke arah kanan. Umumnya, untuk mengunci motor, Anda akan memutar kunci setang ke arah kiri, padahal hal itu sangat memungkinkan maling mudah dalam membobol kunci dengan Kunci T. Berbeda jika Anda mengarahkan kunci setang ke kanan, pasti pembobolan akan sulit dilakukan.

Memasang Gembok dan Rantai

— advertisement —

Maling mungkin lebih pintar dari pemilik motor, tetapi jangan salah Anda juga bisa lebih pintar dibandingkan maling dengan melakukan taktik tertentu seperti memasang rantai atau pun gembok.

Anda bisa memasangnya di area yang tidak terlihat seperti pada area rantai, jari-jari, hingga piringan cakram. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan rantai yang dikaitkan untuk mempersulit proses pembobolan.

Memasang Baut Baja

Selanjutnya, Anda juga bisa memasang baut baja pada lubang mur. Cara seperti ini akan membuat para maling berpikir dua kali untuk mencuri motor Anda karena bisa jadi mereka tidak membawa kunci yang pas untuk membuka baut. Alhasil, mereka akan membatalkan maksud pencurian motor Anda.

Memasang GPS

Pemasangan GPS akan sangat bermanfaat untuk Anda nantinya. Alat ini bisa melacak keberadaan motor Anda di mana. Alhasil, Anda tidak perlu khawatir lagi, sekalipun motor Anda dicuri, dengan bantuan GPS Anda akan bisa menemukan lokasi motor Anda segera.

Nah, itu tadi merupakan informasi mengenai tips mencari motor yang hilang beserta tips agar motor Anda tidak hilang lagi ke depannya. Setelah mengetahui ulasan di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi jika menjumpai masalah yang sedemikian rupa. Dengan mencari solusi yang terbaik, semuanya akan baik-baik saja. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *