Kolom Pencarian Menu Utama

Enggak sedikit yang tidak tahu apa fungsi injektor yang sebenarnya. Kebanyakan cuma tahu injektor itu mempunyai peranan yang sama dengan karburator. Untuk detailnya masih banyak yang belum paham, dari segi keunggulan, komponen, sampai dengan bentuknya pun masih ada yang belum tahu.

Injektor Motor

Fungsi Injektor Motor

Secara umum injektor pada motor zaman sekarang ini mempunyai peranan yang hampir sama dengan pilot jet dan main jet. Tugasnya untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Kecepatan dan seberapa banyaknya bensin yang disemprotkan diatur berdasarkan perintah dari ECU (singkatan dari Electronic Control Unit).

Jadi sederhananya kegunaan injektor ini adalah untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan mengubah BBM ini ke bentuk kabut. Kabut ini dihasilkan dari lubang kecil yang ada pana injektor. Dengan mengubah cairan bahan bakar minyak menjadi kabut, proses pembakaran di dalam mesin jadi lebih mudah.

— advertisement —

Bahan bakar dari tangki bensin tidak mengalir begitu saja menuju injektor. Tetapi ada fuel pump yang membantu bbm masuk ke dalam injektor, untuk di proses menjadi bentuk kabut.

Setiap motor punya settingan tersendiri dalam hal kapasitas penyemprotan setiap menitnya. Jadi speknya berbeda-beda mulai dari yang pabrikan sampai injektor aftermarket. Besar kecilnya bahan bakar yang mengalir untuk proses pengkabutan tidak diatur berdasarkan besar atau kecilnya lubang injektor, melainkan diatur melalui ECU.

Semakin lama eCU memerintahkan injektor menyemprot, semakin besar pula jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Suplai BBM ke injector juga bisa dikurangi sehingga lebih irit konsumsi BBM, namun tenaga yang dihasilkan juga berkurang.

— advertisement —

Perbedaan Injektor dengan Karburator

Sebenarnya injektor dan karburator mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mencampur udara dan bensin kemudian mengirimkannya ke ruang bakar. Kalau dari segi bentuk tentu saja keduanya itu berbeda jauh. Hanya saja yang perlu kita ketahui adalah keduanya mempunyai perbedaan dari segi cara kerja, yatu sebagai berikut :

1. Ketika Mencampur Bahan Bakar dengan Udara

InjektorKarburator
di lakukan oleh injektor atas perintah dari ECM yang mempertimbangkan sinyal dari sensor-sensor yang menyebar di seluruh mesin dan knalpot.dilakukan karena adanya kevakuman ruang bakar yang terjadi akibat langkah hisap piston.

2. Ketika suhu mesin dingin

InjektorKarburator
Sensor temperatur akan melaporkan keadaan temperatur mesin yang dingin agar ECM memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.Cuk(choke) harus diaktifkan Untuk memperkaya campuran bensin, agar perbandingan bensin menjadi kaya.

3. Ketika motor berakselerasi

— advertisement —
InjektorKarburator
Sensor throttle position akan mengirimkan laporan ke ECM bahwa terjadi pembukaan throttle secara mendadak dan ECM akan memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin.Dibantu dengan adanya nosel akselerator yang berfungsi menambah pasokan bahan bakar ke mesin pada saat throtle gas dibuka secara tiba – tiba.

4. Ketika RPM tinggu

InjektorKarburator
Sensor throttle position dan sensor kevakuman di intake manifold sama-sama mengirimkan sinyal ke ECM agar sedikit memperkaya campuran bensin untuk menghasilkan daya maksimum.Main jet dan pilot jet terbuka penuh sehingga menghasilkan tenaga yang besar.

Kelebihan Injektor

  • Emisi gas buang lebih sedikit karena suplai bahan bakar sampai dengan campuran antara udara dan bensin terukur dengan akurat disesuaikan tingkat putaran mesin.
  • Berbeda dengan karburator yang agak berjauhan dengan silinder, pada motor injeksi penempatan injektor ini berdekatan dengan silinder. Hal ini membuat motor jadi lebih responsif ketimbang yang konvensional(karburator).
  • Sehubung dengan diameter mulut injektor sangat kecil, maka bensin yang menyembur akan berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang seimbang dan ideal, dibantu dengan mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. 
  • Jika udara sedang dingin, motor karburator perlu menggunakan cuk(choke)agar campuran jadi lebih gemuk. Tetapi motor injeksi lebih unggul karena adanya sensor temperatur, sehingga secara otomatis campuran jadi lebih gemuk tanpa kita ketahui.
  • Gas buang yang lebih ramah dengan lingkungan dengan menggunakan sistem sensor O2. Itu karena pada knalpot motor injeksi ada catalytcs converter (CC) yang bisa mengubah zat buang yang tidak ramah menjadi ramah lingkungan.

Ciri injektor mengalami kerusakan

Mesin sulit dinyalakan

Injektor yang mulai rusak biasanya mengakibatkan mesin sulit dinyalakan. Karena campuran bahan bakar yang kurang ideal atau campurannya kurus.

Tetapi coba cek terlebih dahulu sistem pengapiannya seperti busi apakah dalam keadaannya bagus? jika iya, berarti masalah ada di sistem bahan bakarnya. Yang bisa saja disebabkan injektor yang rusak.

Brebet ketika ditarik gas

Timbulnya suara brebet ketika rpm tinggi atau tarik gas bisa saja disebabkan karena rusaknya injektor. Apabila pembukaan mulut injektor kurang, bisa mengakibatkan kurangnya suplai BBM ke dalam ruang bakar. Ketika motor membutuhkan suplai BBM di rPM tinggi tidak terpenuhi. Hasilnya timbullah suara berebet.

Mesin motor sering mati mendadak

Solenoid valve yang ada pada injektor rusak bisa saja mengakibatkan mesin motor secara mendadak. Contohnya saja ketika agan mengemudikan motor ini suskses dijalankan ketika awal-awaan tarikan, tetapi tiba-tiba mati begitu saja. Kadang-kadang tidak lama kemudian bisa saja hidup kembali.

Asap hitam pekat daro knalpot

Asap knalpot yang keluar berwarna hitam pekat. Hal ini bisa terjadi karena rusaknya injektor yang menimbulkan suplai BBM tidak terkontol mengalirkan bensin ke ruang bakar secara terus menerus. Sehingga ada banyak bensin yang tidak terbakar secara sempurna.

Mesin mati total tidak bisa dinyalakan

Apabila injektor benar-benar rusak, tentu saja mesin motor tidak akan hidup sama sekali karena tidak ada bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Untuk mengetahuinya agan bisa melakukan pengecekan dengan cara membuka busi. Apabila elektroda busi kering, maka sistem bahan bakar memang sedang bermasalah arena tidak ada BBm yang mengalir untuk dibakar.

Penyebab Injektor rusak

Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Rendah

Motor dengan bahan bakar sistem injeksi drasio kompresinya dibuat di atas 9:1. Hal tersebut bertujuan agar motor jadi lebih irit bahan bakar. Semua itu bisa terwujud apabila bensin yang digunakan memunyai oktan tinggi seperti pertamax dan pertalite. Beda halnya jika agan memakai premium pada motor injeksi, gejala kerusakan seperti ngeilitk lamabat laun akan muncul.

Injektor Kotor

Membiarkan injektor kotor bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kinerja motor akan terganggu. Ketika dijalankan motor bisa ndut-ndutan dan parahnya bisa mati mendadak. Injektor yang kotor ini merupakan hasil dari penggunaan BBM yang tidak disarankan, karena mempunyai oktan rendah. 

BBM oktan rendah bisa menyisakan kotoran yang mengendap/kerak dan akan mengganggu kualitas semprotan. Untuk mengatasinya agan cukup membersihkan injektor di diler-diler resmi terdekat.

— advertisement —