Kolom Pencarian Menu Utama

Ukuran tekanan ban motor yang ideal menjadi salah satu syarat berkendara yang aman dan nyaman. Ada bahaya ban kurang tekanan angin ataupun terlalu keras.Makanya agan perlu memperhatikan hal ini sama seperti mengganti oli secara berkala.

Semuanya harus secsuai ukuran standar penggunaan ban, tidak terlalu kempes ataupun terlalu keras. Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, kalau ban kurang tekanan angin ban bisa membuat bahan bakar boros karena beban mesin bertambah.

Sedangkan jika terlalu keras, salah satu bahayanya ialah daya cengkeram ban berkurang, sehingga mudah tergelincir.

— advertisement —

So, berapa sih ukuran tekanan ban angin motor yang aman itu? dan ternyata setiap jenis motor itu punya ukuran yang berbeda-beda, bahkan disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari, mulai dari penggunaan motor untuk no boncenger sampai suka berboncengan setiap hari.

Motor Matik
Motor matik dan bebek ukuran tekanan angin ban antara 28-30 Psi dan belakang 33-34 Psi. Sedangkan untuk penggunaan berboncengan biasanya ban depannya tetap, tapi belakang ditambah jadi 35-36 Psi.

Motor Sport
Sedang untuk jenis motor sport, biasanya untuk ban depan 30 psi dan ban belakang 34 psi.

— advertisement —

Jika anda merasa kurang yakin, agan bisa melihat tabel ukuran tekanan angin ban motor pada stiker yang ada pada motor agan, gambar biasanya seperti ini:

Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Standar Pabrik

Semoga bermanfaat.