Kolom Pencarian Menu Utama

Masalah gangguan kelistrikan biang keroknya itu bukan hanya karena aki saja loh, padahal bisa saja ada kerusakan pada kiprok (regulator rectifier). Jika kita telusuri lebih jauh, ternyata komponen ini bisa mempengaruhi komponen lainnya. Contohnya saja aki yang sering tekor, dikarenakan suplai listrik yang berkurang. Malahan kalau sudah parah tidak ada suplai listrik sedikitpun. Maka dari itu agan-agan perlu tahu ciri kiprok rusak.

Kiprok

So sebelumnya kita cari tahu dulu apa saja sih fungsi kiprok motor ini. Biar agan lebih banyak pengetahuan mengenai komponen kecil dengan peranan besar ini. Nah, Secara keseluruhan alat ini punya 2 fungsi berbeda, yaitu :

Fungsi Kiprok

1. Rectifier
Pertama sebagai rectifier atau penyearah, ketika tegangan listrik yang dibuat oleh mesin dengan jenis listrik AC (alternating current) akan diubah menjadi DC (direct current). Kemampuannya ini memungkinkan listrik baru bisa masuk ke aki dan di simpan di dalamnya.

— advertisement —

Karena listrik yang dibuat dari spul itu berjenis listrik AC, sementara listrik yang dapat disimpan di dalam aki itu jenisnya DC. Olehkarena itu listrik AC dari spul disearahkan terlebih dahulu melalui kiprox.

Baca Juga :

2. Regulator
Regulator ini berarti sebagai alat pengatur yang berkatiran dengan kelistrikan. Jadi, saat aki dalam keadaan terisi penuh oleh listrik yang dibuat dari  putaran mesin, maka secara otomatis kiprok akan mengehentikan pasokan listrik ke aki dan membuangnya ketempat lain.

— advertisement —

Logikanya, saat motor melaju secara otomatis akan terus menghasilkan listrik tanpa henti, jika aki sudah dalam keadaan tersisi penuh (karena punya batasan penyimpanan)  dan tidak butuh lagi pasokan istrik. Maka kiprok ini mengatur dan mengalihkan aliran listrik ke bagian sepeda motor yang lain.

Dari pembahasan diatas kita akan tahu betapa pentingnya komponen ini dalam hal kelistrikan motor, jika ada yang rusak bisa jadi aliran listrik yang dihasilkan putaran mesin ke aki tidak berjalan dengan normal.

Ciri Kiprok Rusak

  1. sepeda motor kita tidak kuat untuk menggunakan elektrik stater untuk menyalakan mesin motor. Akibat kurangnya daya yang ditampung oleh aki.
  2. mesin motor sudah menyala dan mesin digas pada rpm tinggi tapi lampu utama tetap redup berarti kiprok sepeda motor anda sudah rusak
  3. Untuk motor injeksi, bianya juga terjadi brebet ketika melaju. Hal ini bukan karena injektor yang kotor, melainkan tegangan dari kiprok yang tidak stabil
  4. terjadi over charge yang ditandai lampu-lampu akan putus ketika mesin motor digeber pada rpm tinggi. Hal ini dikarenakan kiprok tidak bisa memutuskan arus listrik ketika aki sudah penuh. Biasanya kiprok jadi panas, bisa agan cek menggunakan tangan
  5. adanya cairan yang keluar dari kiprok akibat kiprok yang over heat
  6. apabila mesin motor kita nyalakan sampai 3-5 menit terjadi reaksi panas sekali atau atau bahkan terasa dingin pada fisik kiprok

Seperti itulah pembahasan kelistrikan motor kali ini, semoga bermanfaat. Lebih pastinya harus agan cek menggunakan multimeter agar lebih akurat.

— advertisement —

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *