Kolom Pencarian Menu Utama

Aki merupakan elemen penting di motor untuk menghidupkan semua komponen kelistrikan. Misalnya saja Aki ini bekerja untuk sistem electric starter dan menyalakan lampu-lampu pada motor.

Ciri Aki Motor Harus Diganti

Nyaris semua motor roda dua model baru telah dibekali aki type MF (maintenance free) yang tak perlu lakukan perawatan seperi isi air aki.

Aki ini bisa dikatakan sebagai jantungnya sepeda motor injeksi, dimana semua kegiatan mesin tergantung pada daya listrik, layaknya fuel injektor. Jadi harus ada perhatian khusus untuk megetahui seperti apa gejala saat aki mulai soak. Penanggulangan lebih awal sangatlah diperlukan, agar motor tidak mogok di tengah perjalanan.

— advertisement —

Cek terlebih dahulu komponen ini sebelum ganti aki

Sebelum membahas ciri aki motor harus diganti atau soak, ada baiknya kita cek terlebih dahulu beberapa komponen yang bisa saja menganggu sistem kelistrikan selain Aki motor. Bisa saja ada kerusakan pada komponen penunjang kelistrikan lainnya, sehingga aki cepat soak.

Cek Spul
Tegangan listrik pada aki bisa saja drop karena adanya kerusakan pada spul atau alternator. Biasanya ada gulungan yang gosong pada lilitan, jika iya maka anda harus mengganti komponen ini terlebih dahulu sebelum mengganti aki. Baca : Fungsi, Penyebab, dan Ciri Spul Motor Lemah atau Rusak.

Cek Kiprok
Setelah mengecek spul dan ternayata kondisinya masih bagus, berikutnya yang perlu agan periksa adalah regulator/kiprok. Caranya dengan memegang kiprok ketika mesin dinyalakan. Kiprok yang bagus ketika dipegang akan terasa hangat. Baca : Fungsi Kiprok dan Tips Mengenali Kiprok yang Rusak.

— advertisement —

Cek kabel
Jika kedua komponen diatas dalam keadaan baik, terakhir anda cek pula kabel-kabel yang ada di motor. Bisa saja yang membuat aki cepat soak ini dikarenakan kabel yang konslet. Cukup dengan memakai multimeter atau tespen lalu diurut satu per satu kabelnya

Ciri Aki Motor Harus Diganti

Umur aki
Anda perlu mengingat umur dari aki yang anda gunakan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti mogok diperjalanan. Aki biasanya mempunyai usia pakai sekitar 2 tahunan. Ketika aki motor lebih dari 2 tahun anda perlu berhati-hati dan melakukan pengecekan aki.

Susah starter
Biasanya, aki yang sudah mulasi rusak itu akan sulit menyalakan mesin. Contohnya ketika pagi-pagi menghidupkan mesin susah sekali, harus beberapa kali starter. tetapi kalau sudah panas bisa menyalakan mesin dengan mudah.

Ketika di jumper hidup, tetapi saat lepas mati
Kemudian jika aki mati, lalu dijumper. Tapi ketika jumper dilepas, aki mati, kemungkinan pengisiannya yang bermasalah. Anda bisa cek penjelasan komponen yang harus di cek sebelum ganti aki pada penjelasan sebelumnya.

— advertisement —

Ada pula aki yang kuat menyimpan listrik tapi tidak bisa lakukan starter. Itu karena daya crackingnya hilang. Artinya daya voltase masih bagus cuma untuk starter belum kuat.

Tegangan kurang dari 10 volt
Ingin lihat pengisian aki bagus atau tidak triknya dengan mengunci kontak on lampu sein, nayalakan pencet klakson. Dan check voltase, ketika d starter penunjuk dibawah 9 volt bermakna aki buruk. Tetapi jika dari 12 itu ia turun mendekati 9 volt berarti crackingnya masih bagus.

Suara klakson dan Nyala lampu
Aki yang sudah mulai melemah umumnya diikuti dengan lampu motor yang ikut meredup. Lalu klakson yang lemah, suaranya pelan dan nyala lampu sein tak mau berkedip.

Lampu Indikator Aki
Anda juga bisa melihat ciri aki harus diganti dari indikator aki pada dashboard. Biasanya lampu akan berkedip-kedip atau menyala terus-terusan saat kontak diputar menuju posisi On. Kehadiran indikator ini terbilang meringankan, untuk mengetahui kondisi aki jika mulai tidak layak pakai.

Langsam mesin
Mesin sepeda motor tidak langsam dalam posisi idle. Lantas sewaktu dikendarai mesin juga alami “brebet”. Selanjutnya Walaupun sepeda motor nyala saat di-engkol (motor non injeksi), nyala mesin juga tidak langsam dan putus-putus nafasnya.

Mati total
Hal ini bisa dialami pada motor injeksi, jika aki sudah mati maka mesin pun tidak bisa dinyalakan sama sekali walaupun menggunakan kick starter. Maka dari itu pergantian aki harus dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *