Tips, Tips Motor by Admin

Cara Mengecek dan Ciri Busi Motor Mati atau Sudah Mau Mati

–advertisement–

Pernahkah agan mengalami sebuah masalah seperti mesin motor tidak mau hidup padahal bisa starter, speedometer, klakson, dan lampu menyala dengan normal. Saya sendiri juga sempat mengalami kejadian buruk ini beberapa waktu yang lalu.

Tanda Fisik Busi Jelek dan Bagus

Akan sangat merepotkan jika motor kita susah hidup saat mau bekerja, bahkan parahnya lagi ketika dalam perjalanan jauh. Mending kalau mogok siang hari, ini malah saat malam hari ditambah susah menemukan bengkel terdekat, bisa gawat kan?.

Keberadaan busi ini memang penting sekali karena berkaitan dengan proses pembakaran BBM di dalam mesin. Busi menjadi salah satu komponen yang menjadi tolak ukur bagus tidaknya proses pembakaran, sisanya tergantung campuran BBM yang pas, dan k0mpresi yang bagus.

–advertisement–

Makanya agan mesti tahu ciri busi mau mati sejak dini, agar hal yang tidak diinginkan terjadi di perjalanan. Busi motor standar biasanya harus diganti setiap 7.500 km sekali, kalau pemakaian normal bisa sampai 9 bulan.

Ciri busi motor tidak layak pakai

Sebelum busi yang agan gunakan mati total, lebih baik cek secara rutin atau setidaknya memperhatikan tanda-tanda yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Dari Suara Mesin
Dengarkan suara mesin ketika dihidupkan dalam keadaan netral. Apakah terdengar halus dan suaranya rata? jika Ya berarti busi normal. Tetapi jika terdengar suara mesin yang kasar berarti busi motor agan bisa saja rusak.

Susah dinyalakan
Busi yang mulai rusak biasanya berefek saming pada sulitnya menghidupkan mesin, karena busi tidak menghasilkan percikan api yang cukup di dalam ruang bakar. Kalaupun menyala memerlukan beberapa kali starter, sehingga aki jadi cepat habis.

Delayed
Gejala ketiga yang bisa terjadi karena busi mulai mati adalah ketika agan melajukan motor dijalanan tiba-tiba mesin mendadak mati, tetapi pas kita gas lagi mesin hidup kembali, atau biasanya disebut dengan nama delayed (mesin mati sementara)

Akselerasi berkurang
Apabila agan merasa akselerasi motor kurang maksimal dari biasanya, hal ini bisa saja disebabkan busi yang mulai bermasalah. Ketika menarik gas, tarikan motor jadi tidak seresponsif biasanya.

Pengecekan Fisik Busi
Busi yang kurang bagus bisa terlihat dari ujung elektrodanya apakah kotor? atau juga sudah menipis ? hal ini bisa agan ketahui seperti pada gambar di atas.

Cara Mengecek Busi Mati atau Tidak

Jika motor agan mogok, kemudian starter dan kelistrikan masih normal bisa melakukan beberapa pengetesan untuk mengidentifikasi busi mati dibawah ini :

  1. Buka Cop Busi dan busi dari mesin
  2. sebelum kita lakukan pengetesan, perhatikan beberapa aturan ini :
    – jika motor agan termasuk jenis Injeksi lubang busi pada mesin harus ditutup terlebih dahulu menggunakan busi lain. Karena dikhawatirkan ada sisa pengkabutan dan apabila ada percikan saat pengetesan bisa tersulut api dari luar.
    – Kalau jenis karburator tidak perlu melakukan penutupan.
  3. Sekarang masukkan kembali busi kedalam Cop Busi
  4. Tempelkan ulir busi ke massa sepeda motor, contohnya tempelkan pada blok silinder atau head cylinder sebagai massa.
  5. Nyalakan starter atau kick starter dan lihat apakah ada percikan api yang menyala atau tidak.
  6. Jika ada percikan api berarti busi masih bisa dipakai (bisa layak atau tidak layak pakai), sebaliknya jika tidak ada api besar kemungkinan busi sudah mati dan tidak bisa digunakan lagi.

Disarankan untuk melakukan service rutin sesuai anjuran pabrikan motor masing-masing, agar kondisi busi bisa terlihat dan juga bisa dilakukan perawatan. Perawatan busi ini biasanya seperti pengecekan elektrode busi dan pembersihan dari kerak karbon.

Jangan lupa juga selalu gunakan sparepart dengan kode busi yang benar sesuai standar pabrik, agar terhindar dari kerusakan.

–advertisement–

pencarian :
ciri busi mati, ciri ciri busi mati, ciri ciri busi, Tanda busi mati, ciri ciri busi lemah pada motor, https://www ridergalau com/ciri-busi-mati/, ciri ciri busi rusak, ciri busi motor mau mati, ciri ciri busi motor lemah, ciri ciri busi mau mati
Related with “

Cara Mengecek dan Ciri Busi Motor Mati atau Sudah Mau Mati

Apa Bedanya Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype) ?

Beberapa orang awam mengenai hal-hal yang menyangkut motornya sendiri. Juka kita lebih pintar dalam mengetahui informasi yang berkaitan dengan komponen-komponen…

Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja dari STNK Kendaraan

Tiap kali kita bayar pajak STNK kendaraan, secara otomatis kita juga membayar asuransi kecelakaan yang diambil dari total pembayaran pajak…

Tips perawatan Oli Gir Skutik perlu diperhatikan

Para rider motor skutik sebagaian besar kurang memperhatikan beberapa bagian dari motornya ini, padahal jika kurang dirawat bisa fatal kerusakannya.…

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membeli Mobil

Honest John, Pengasuh otomotif kawakan media Inggris Telegraph, Memberikan tips dan nasihat kepada semua yang akan membeli mobil baru ataupun…