Kolom Pencarian Menu Utama

Busi adalah komponen pada kendaraan yang berperan penting dalam proses pembakaran di dalam mesin. Kualitas dari busi bisa menentukan seberapa bagus tenaga yang akan dihasilkan, bisa jadi busi rusak menghasilkan performa yang bagus atau bahkan menjadi buruk sekalipun.

Busi Iridium

Performa motor pada umunya tergantung dari kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang disalurkan, udara yang masuk dengan baik, dan pengapian yang baik pula. Khusus pengapian, busi berguna sebagai pemantik untuk membakar udara dan bahan bakar yang terkompresi.

Mengenal Busi Iridium

Busi mempunyai banyak jenis, contohnya saja yang biasa kita kenal sebagai Busi Iridium. Busi iridium adalah busi yang terbuat dari bahan logam iridium, bahan ini mempunyai tekstur yang sangat keras, anti karat, dan juga tahan suhu panas yang tinggi.

— advertisement —

Logam jenis ini punya titik didih yang tinggi, jadi percikan api yang dihasilkannya juga lebih fokus walaupun pada permukaan lebih kecil. Makanya jenis busi ini cocok sekali untuk mesin yang membutuhkan percikan api tinggi.

Keunggulan Busi Iridium

  1. Terbuat dari bahan logam iridium yang sangat keras, tahan panas, api yang dihasilkan lebih fokus, dan ujung elektroda yang lebih kecil yaitu 0,4mm.
  2. Minim gagal Starter mesin motor, alias jadi lebih mudah menghidupkan mesin karena busi ini membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memercikkan api.
  3. Akselerasi motor jadi lebih spontan.
  4. Terdapat anti karbon fouling, jadi bisa membersihkan karbon sendiri saat memercikkan api.
  5. Punya umur pakai yang lebih lama 20-50 ribu km sesuai dengan gaya penggunaan motor.
  6. Gas buang yang lebih ramah lingkungan

Kelemahan Busi Iridium

Busi iridium bisa menghasilkan suhu panas yang tinggi, dan bisa saja melelehkan mesin jika terlalu panas. Akibatnya performa mesin jadi menurun drastis. Diperlukan penyetelan ulang agar performa motor jadi sesuai harapan.

Sistem pengapian dalam mesin tidak hanya diduung oleh busi saja ada komponen lain yang juga perlu penyesuian agar tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan. Komponen lain tersebut diantaranya seperti pulser dan CDI, bahkan karburator atau injektor pun haruslah sesuai.

— advertisement —

Busi iridium diperuntukaan untuk motor yang mendapatkan ubahan-ubahan pada sektor mesin. Sehingga kebutuhan pengapian yang diperlukan harus lebih fokus dan lebih panas, dengan beitu performa motor lebih maksimal.

Seperti itulah artikel pengenalan busi iridium ini. Jadi kalau motor hanya untuk keperluan sehari-hari dan untuk jarak yang dekat mending pakai busi biasa saja.