Kolom Pencarian Menu Utama

Saat membeli ban untuk penggunaan harian, yang kita harapkan tentu saja ban yang digunakan mempunyai waktu pakai yang cukup lama. Apa jadinya jika ban yang kita pakai baru beberapa bulan sudah timbul retak disana-sini.

Ban motor retak

Yups… Salah satu kendala yang sering ditemukan pada ban motor ini adalah retak-retak, seperti tanah sedang musim kemarau, hehe. Bukan hanya gak enak dipandang saja, dari retak halus ini bisa mermabat menjadi robek yang lebih besar. Bisa membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Lalu apa sih penyebab ban motor retak?.

— advertisement —

Usia Pembuatan Ban

Kebanyakan penyebab timbul retak ini adalah usia pembuatan ban. Semakin lama tak digunakan akan semakin getas, pada akhirnya mudah retak-retak, apalagi kalau motornya sering membawa beban berlebihan.

Sebelum melakukan pembelian ban, baiknya agan memperhatikan usia pembuatannya. Jangan sampai agan membeli ban stok lama hanya karena punya banderol yang lebih murah.

Cara Mengetahui Usia Ban Motor

Cara mudah mengetahui usia pembuatan ban adalah dengan membaca kode pada dinding ban. Ada kode yang terdiri dari 4 angka.

— advertisement —

contohnya : 2414

berarti barang tersebut diproduksi pada minggu ke 24 tahun 2014.

Penggunaan Detergen yang Panas

Penyebab lain timbul retak pada ban ini bisa juga karena pemakaian cairan kimia yang tidak baik untuk permukaan karet ban. Contohnya saja detergen, sifat panas pada detergen bisa merusak lapisan ban motor sampai timbul retak.

Mending agan pakai cairan pembersih khusus ban saja, atau pakai sabun yang tidak menimbulkan panas.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *